Makanan Obat Alergi Kacang

Anak Anda Saat Ini Sedang Mengidap Penyakit Alergi Kacang? Ingin Segera Sembuh? Yukk Ketahui Makanan Obat Alergi Kacang Yang Paling Baik


Sekilas Mengenai | Penyakit Alergi Kacang

Alergi kacang merupakan reaksi alergi yang terjadi karena tubuh menyalahartikan makanan berbahan dasar kacang sebagai salah satu alergen yang berbahaya. Dalam kondisi ini, sistem pertahanan tubuh akan bereaksi untuk melawan alergen tersebut dan dapat memberikan efek yang cukup fatal, seperti syok anafilaksis. Alergi kacang dapat menyerang siapa saja, namun lebih banyak ditemukan pada anak-anak.

Gejala Alergi Kacang

Gejala alergi kacang biasanya akan mulai terlihat dalam hitungan detik hingga beberapa jam setelah mengonsumsi atau menyentuh kacang, berupa:

  • Ruam, gatal-gatal sampai pembengkakan kulit
  • Pembengkakan wajah
  • Tenggorokan terasa seperti tercekik
  • Rasa gatal dan tidak nyaman disekiat mulut dan tenggorokan
  • Pilek
  • Mual dan muntah
  • Napas pendek
  • Diare
  • Kram perut

Penyebab Alergi Kacang

Alergi terjadi saat sistem pertahanan tubuh menyalahartikan alergen sebagai zat yang berbahaya, sehingga tubuh akan menghasilkan senyawa kimia bernama histamin ke dalam darah. Histamin tersebut bis menyebar dan mempengaruhi berbagai jaringan tubuh seperti kulit, mata, saluran pernapasan, hidung, paru-paru, usus bahkan pembuluh darah. Alergi kacang tidak selalu bereaksi ketika seseorang mengonsumsi kacang. Ada beberapa kasus yang mana penderita sangat sensitif, sehingga terserang alergi saat menghirup bau kacang atau menyentuh kacang secara langsung.

Makanan Obat Alergi Kacang Yang Paling Baik

1.) Kuaci

Makanan yang kaya akan kandungan viatmin E dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh alergen. Salah satu makanan yang kaya akan vitamin E adalah kuaci. Antioksidan dalam kuaci mampu mencegah kerusakan sel akibat produksi histamin yang berlebihan.

2.) Yoghurt

Makanan Obat Alergi Kacang Yang Paling Baik yang berikutnya yaitu yoghurt. Hal ini karena yoghurt mengandung probiotik yang tinggi, yoghurt dapat menjadi antihistamin yang aman dan manjur saat alergi datang. Antihistamin memiliki fungsi untuk menghentikan reaksi sistem imun berlebihan terhadap pemicu alergi. Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsums yoghurt dengan kandungan probiotik Lactobacillus casei sat alergi kambuh.

3.) Jambu Biji

Jambu biji memiliki khasiat sebagai obat alergi. Hal ini karena kandungan vitamin C dalam jambu biji yang cukup tinggi. Menurut seorang pakar naturopati dr. Carolyn, vitamin C manjur dalam mencegah sel-sel tubuh memproduksi histamin. Histamin sendiri yaitu zat alami yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh saat terpapar alergen. Histamin inilah yang membuat Anda jadi gatal, biduran, ruam, bersin atau mual.

4.) Bawang Bombai

Makanan Obat Alergi Kacang Yang Paling Baik yang selanjutnya yaitu bawang bombai. Menurut dr. William Silvers seorang pakar alergi menyatakan bahwa kandungan bioflavonoid dalam bawang bombai dapat menstabilkan sel-sel tubuh yang bereaksi secara berlebihan saat terpapar alergen. Tambahkan bawang bombai dalam masakan Anda untuk meredakan gejala alergi yang terjadi.

5.) Salmon

Menurut beberapa penelitian, asam lemak omega 3 dapat meredakan gejala alergi. Maka, Anda bisa mengonsumsi ikan yang kaya akan omega 3 salah satunya salmon. Namun, perlu diperhatikan bagi Anda yang alergi terhadap makanan laut, salmon mungkin dapat memperparah gejala yang sedang dialami.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *