Pantangan Makanan Penderita Croup

Anak Anda Saat Ini Sedang Mengidap Penyakit Croup? Ingin Segera Sembuh? Yukk Ketahui Pantangan Makanan Penderita Croup Yang Harus Dihindari!!


Croup adalah infeksi pernapasan pada anak, yang membuat saluran napas terhalang. Pada penderita croup, terjadi pembengkakan pada laring, trakea dan bronkus. Croup bisa menular, terutama pada beberapa hari pertama sejak anak terserang croup, atau hingga demam pada anak hilang. Croup biasanya menyerang anak berusia antara 6 bulan hingga 3 tahun. Namun, penyakit ini bisa terjadi pada bayi berumur tiga bulan dan anak-anak diatas 15 tahun.

Penyebab Croup

Apabila dilihat dari penyebabnya, ada dua jenis croup, yaitu viral croup dan spasmodic croup.

  • Viral Croup

Croup jensi ini dapat menulari anak melalui benda yang trkontaminasi percikan ludah, seperti dari sentuhan pada benda yang terkontaminasi air liur. Virus yang berada ditangan tadi akan masuk ke tubuh, jika anak menyentuh mulut atau hidungnya tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

  • Spasmodic Croup

Jenis croup ini terjadi secara mendadak, umumnya ditengah malam. Anak mungkin terbanguk karena sesak napas, namun tidak disertai demam. Spasmodic croup disebabkan oleh alergi atau asam lambung yang naik ke kerongkongan dan saluran pernapasan.

Gejala Croup

Gejala utama dari croup adalah batuk keras seperti menggonggong. Suara serak dan suara napas yang kasar juga dapat terjadi. Gejala lain yang muncul tergantung pada jenis croup yang dialami.

  • Viral Croup

Gejala yang muncul berupa demam dan pilek disertai batuk. Kondisi ini diakibatkan oleh penularan dari anggota keluarga atau teman yang sedang batuk, atau mengalami infeksi saluran pernafasan.

  • Spasmodic Croup

Anak yang mengalami croup jenis ini, umumnya terlihat baik-baik saja, namun muncul suara serak dan suara napas yang kasar pada tengah malam, dan akan membaik jika anak dibawa ke area terbuka dengan udara yang segar.

Pantangan Makanan Penderita Croup Yang Harus Dihindari

1. Makanan Pemicu Alergi

Makanan yang memicu alergi ini dapat membuat batuk anak menjadi lebih parah termasuk untuk orang yang menderita croup yang disertai dengan sesak nafas dan mengi. Makan sedikit saja bisa membuat batuk menjadi lebih parah sementara mengurangi makanan pemicu alergi bisa membuat batuk berkurang. Beberapa makanan yang dapat memicu alergi diantaranya kacang-kacangan, ikan, kerang, susu, telur, makanan dengan pemanis, minuman bersoda dan daging olahan.

2. Makanan Yang Digoreng

Saat makanan digoreng, maka makanan ini bisa melepaskan udara dengan proses akrolein, proses dalam makanan inilah yang akan menyebabkan batuk menjadi lebih parah. Akrolein juga dapat menyebabkan lendir diselaput lendir menjadi lebih banyak sehingga kemungkinan batuk akan lebih sering.

3. Produk Olahan susu

pantangan makanan penderita croup yang selanjutnya yitau olahan susu. Semua jenis susu terbukti dapat menyebabkan kelenjar lendir bekerja dengan cepat, maka hasilnya penumpukan lendir akan terjadi di paru-paru, tenggorokan juga saluran pernafasan. Apabila anak Anda sering meminum susu atau mengonsumsi produk olahan susu maka batuk akan lebih buruk.

4. Buah-Buahan Yang Mengandung Asam Sitrat

Semua jenis buah yang mengandung asam sitrat memang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, namun jika dikonsumsi saat sedang batuk maka akan menyebabkan kenaikan asam ke saluran pernafasan yang dampaknya akan lebih berat karena batuk akan menjadi lebih parah. Jenis bauah yang mengandung asam sitrat berupa semangka, nanas, pir dan anggur.

5. Makanan Mengandung Gula

Gula dapat menyebabkan batuk sulit untuk disembuhkan dan membuat kekebalan tubuh menurun secara cepat bahkan gula akan menyebabkan asma sehingga batuk akan lebih parah dan menyebabkan risiko buruk terhadap sistem pernafasan karena dapat memicu alergi berat.

6. Minuman Berkafein

Pantangan makanan penderita croup yang berikutnya yaitu minuman berkafein. Minuman tersebut dapat menyebabkan selaput tenggorokan menjadi sangat kering sehingga akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat menelan makanan. Kafein juga dapat merangsang alergi yang buruk untuk sistem pernafasa, bahkan yang lebih buruk akan menyebabkan suara semakin serak.

Tahukah Anda?? Kini Croup Dapat Diatasi Dengan Cara Alami Menggunakan Obat Tradisional Croup

Walatra G-Sea Jelly Gamat Original obat herbal Asli Indonesia yang diproduksi oleh CV. JOGJA NATURAL HERBAL yang terbukti dapat mengobati berbagai penyakit secara alami tanpa menimbulkan efek samping sehingga dipercaya sebagai obat tradisional croup.

Mau Tahu Cara Kerja Walatra G-Sea Jelly Gamat Original Sebagai Obat Tradisional Croup?

LAYANAN KONSULTASI DAN PEMESANAN 24 JAM NON-STOP

0852 6143 6601 (Via Tlp/SMS/WhatsApp)
5D55CD3A (Via BBM)
Hari Libur Tetap Buka
(Termasuk Hari Libur Nasional)

 

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Pantangan Makanan Penderita Croup
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 (Tlp/SMS/WhatsApp) – 5D55CD3A (BBM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *